banner here

Cara Merawat Strap atau Tali Jam Tangan yang Berbahan Kulit

- Oktober 24, 2018
advertise here

Keberadaan jam tangan bagi pemiliknya sangatlah berarti. Tidak hanya soal bisa membelinya, tapi seseorang harus bisa merawat atau menjaga jam tangan dengan baik. Karena jika salah dalam perawatan kamu akan rugi, mungkin kamu akan melihat jam kesayangan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Tentulah sangat sedih bila itu terjadi. 

Tali jam tangan adalah kerajinan tangan sebagai aksesori untuk menambah sentuhan elegan. Ada banyak bahan yang digunakan untuk strap jam tangan, tapi kulit bisa dibilang paling ideal dan menawan. Ada beberapa merek jam tangan terkenal yang menggunakan kulit sebagai bahan strapnya. Jika kau memilih jam tangan kulit, maka ketahui dulu cara merawat strap jam tangan dari kulit di bawah ini!

Catat beberapa kesalahan
Agar kamu melindungi strap jam tangan sebisa mungkin, berhati-hatilah untuk menghindari kontak dengan kelembaban atau air. Jangan lupa untuk melepasnya sebelum mandi atau segera mengeringkan airnya setelah mandi kalau kamu membawa jam bersamamu saat mandi. Lalu, jangan merendamnya di laut atau kolam renang, tidak peduli dari mana kulit merk jam tangan berada. Hindari mengaplikasikan atau menyemprotkan krim atau parfum kulit langsung ke strap.

Pastikan kamu melepaskan jam sebelum melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mencegah kerusakan yang sangat merugikan. Jika strap jam tangan perlu dibersihkan, cukup bilas dengan air bersih saja dan jangan biarkan hingga basah. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan baik menggunakan kain lembut. Kemudian biarkan hingga benar-benar kering, tanpa paparan matahari atau sumber panas kuat lainnya.

Ingatlah, musuh terbesar kulit alami adalah air
Jika kamu tak sengaja menjatuhkan jam di wastafel atau terjebak dalam hujan, maka segera lepaskan dan biarkan kering selama semalam dalam suhu kamar. Kemudian gunakan conditioner kulit untuk membuatnya hidup kembali dari kekakuan pasca terkena air. 

Jika tidak mempunyai conditioner, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun. Gunakan hanya sedikit dan pijat dengan lembut ke bagian depan strap, lalu gosok dengan kain. Saat kamu melakukan perawatan ini, strap akan berubah warna menjadi lebih gelap. Tetapi hanya perawatan ini setiap dua bulan sekali atau lebih.

Hindarkan pula dengan panas dan sinar matahari
Dua komponen penting yang bisa mempengaruhi kualitas strap kulit jam tangan kamu adalah panas dan sinar matahari. Semakin banyak paparan panas atau sinar matahari, maka strap kulit kamu bisa bertambar buruk. Itu berlaku pada merek jam tangan apapun.

Beri waktu istirahat
Idealnya, kamu harus mengubah strap jam tangan secara rutin. Seperti melepasnya dari tangan setelah berjam-jam penggunaan. Atau kamu bisa membeli strap pasangan lainnya, sehingga bisa bergonta-ganti. Jadi, strap kulit kamu takkan cepat rusak. 

Jangan memakai jam terlalu erat
Selain itu, hindari memasang strap jam tangan terlalu erat di pergelangan tangan. Itu adalah kebiasaan buruk yang mencegah sirkulasi darah di sekitar pergelangan tangan berjalan semestinya. Apalagi kalau strapnya terbuat dari kulit.

Singkirkan noda dengan produk perawatan kulit
Ketika kamu sudah mencari cara untuk menyingkirkan noda atau kotoran pada strap, tapi tidak berhasil, gunakan produk perawatan kulit. Perawatan kulit untuk furnitur kulit di rumah adalah salah satu yang cocok untuk menghilangkan noda kotor dari jam tangan kamu. Jika kamu tidak memilikinya, kamu juga dapat menggunakan kombinasi air dan soda kue. 

Campur satu sendok makan soda kue ke dalam air dengan jumlah yang sama untuk membentuk pasta. Kemudian gunakan pasta pada setiap bagian tali jam tangan Anda, dan biarkan selama beberapa saat. Selanjutnya, bersihkan pasta dari jam tangan dan biarkan hingga benar-benar kering.

Semahal apapun dan sebagu apapun merk jam tangannya, tapi kalau tidak bisa merawat jadinya percuma.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search